Langsung ke konten utama

Belajar menggali potensi dari dalam diri

hari ini aku belajar ttg motivasi dan hasilnya inilah pemikiran yang timbul dari diri saya sendiri adalah :
Apa itu motivasi??? Menurut Om google dan Om wikipedia Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. tapi... menurut saya Motivasi adalah kekuatan yang tumbuh dari dalam diri kita :)

Permainan kata yang kali ini.., saya mendapat kata harta dari Arif suganda dan saya mendefinisikan Harta adalah Satu hal yang tidak dapat membuat kita bahagian namun dapat membuat kita sengsara. 


ini tugas ketiga dan pertanyaan untuk menggoreksi diri sendiri adalah sebagai berikut ??
jadi untuk mas bro dan mba bro yang iseng baca blog gue satu hal yang kalian perlu tau bahwa motivasi itu adalah hal yang terpenting untuk mencapai sebuah tujuan dalam menggali potensi didalam diri kalian :)

pertanyaannya : Apa yang menjadi motivasi kalian di prakerin ini ?? 
inilah jawaban saya : Motivasi saya di prakerin ini adalah untuk mendapatkan ilmu dari ITB dan belajar hidup mandiri serta membuka diri saya belajar tentang hal-hal yang baru yang belum saya dapatkan selama saya hidup.
Kenapa? karena selama saya ini saya belum bisa mandiri dan masih tergantung sangat banyak kepada kedua orang tua saya.. saya ingin setidaknya meringankan sedikit beban orang tua saya dengan cara saya belajar mandiri dan lebih dewasa. dan saya ingin lebih membuka mata saya akan dunia sebab saya adalah orang yang masih kurang bersyukur dengan kehidupan yang sudah Allah SWT berikan dan masih menutup mata saya untuk mencari tahu banyak hal yang perlu saya tau.

Apa Motivasi dalam hidup ? Kenapa?
inilah jawaban saya : Motivasi dalam hidup saya adalah Sesulit apapun masalahmu, Tuhan pasti tunjukkan jalan keluarnya. Jgn pernah lari, karena masalah itu kan terus mengikuti. dan Keberanian adalah modal utama untuk menjadi sukses sebab dengan keberanian saya bisa melakukan apapun yang saya inginkan tanpa harus takut gagal, terjatuh, dan terluka serta dapat membuat saya belajar untuk mencoba hal yang belum pernah saya coba. *tetapi dalam hal positif* :D
Karena kata yang pertama diatas telah mengajarkan saya untuk berserah diri kepada Allah SWT dan tidak bersembunyi dibalik sebuah kesalahan. sebab saya pernah merasakan sebuah kegagalan dan saya lari dari kesalahan yang pernah saya buat.. tapi dari kata motivasi ini saya mulai bangkit dan berserah diri kepada Allah SWT bahwa tidak ada tempat berlindung yang lebih baik selain kepada Allah SWT.  

Kalimat atau kata apakah yang membuat termotivasi dengan kata tersebut ? kenapa ?
inilah jawaban saya : ada sebuah kata yang saya kutip dari sebuah buka "memimpin sejak usia muda" dan saya suka dengan kalimat ini : ada potensi - potensi yang mengagumkan pada setiap manusia. percayalah pada kekuatanmu dan usia mudamu ~Andre Gide, penulis 
dan kata yang kedua yang saya kutip dari sebuah motivasi yang setiap saat selalu menguatkan saya yaitu Dia BISA masa Saya Tidak BISA melakukannya.
saya suka dengan kata diatas sebab saya tau setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan dibidangnya masing-masing dan bahkan kekurangan adalah sebuah kekuatan yang dapat membuat manusia menjadi lebih sempurna karena dengan kekurangan ia dapat belajar untuk menjadikan kekurangannya sebagai kelebihan. dan Kekuatan dapat membuat pikiran kita terus termotivasi agar kemampuan yang kita miliki bisa menunjang kita menuju tujuan kita masing-masing :) contoh orang-orang yang sukses karena ia yakin dengan kekuatan dan potensi yang ia miliki ditambah lagi dengan kekurangannya adalah salah satu komedian indonesia yang bahkan sekarang dia sering membawa acara BUKAN empatttt.. M.A.T.A.. :D tebak sendiri dech pasti udah tw :D hehehe 

Apa saja yang menjadi motivasi dalam hidup kalian?? sebutkan minimal 10. 
inilah jawaban saya dari semua kutipan terdahulu yang pernah saya post di FB dan Twitter dan sekarang saya jadikan satu. :) 
ini cerita yang saya buat sebagai motivasi dalam hidup saya:
yang pertama adalah menjadi diri sendiri, setelah aku menjadi diri sendiri maka aku akan mengumpulkan keberanian, sehingga dengan keberanian aku tidak takut untuk bermimpi, dengan mimpi itu aku bisa mendapatkan tujuan, sehigga aku memperoleh kekuatan, dari kekuatan aku menghasilkan keberhasilan,, proses dari keberhasilan itu aku memperoleh tantangan dan aku mendaptkan kekurangan yang bisa membuatku merasakan kegagalan dan dengan kegagalan itu aku berusaha untuk bangkit, ditambah dengan aku berserah diri kepada Allah SWT setelah berusaha. aku bersabar untuk memperoleh keberhasilan yang menghasilkan kebahagian, sehingga kebahagian yang aku peroleh akan kubagikan kepada semua orang dan akhirnya aku mendapatkan cinta yang tulus dari mereka, dan pada endingnya aku bersyukur atas kenikmatan yang telah diberikan :) 


inilah kata motivasinya : 


Cukuplah kau berpura-pura menjadi orang lain, karena hal terbaik yg terjadi di dalam hidupmu adalah saat JADI DIRIMU SENDIRI. KEBERANIAN adalah modal paling berharga untuk bisa melakukan segalanya. Jangan pernah takut BERMIMPI  selama mimpi itu gratis,, sebab dengan mimpi kamu bisa termotivasi untuk mewujudkannya menjadi kenyataan. Saat kita mengetahui TUJUAN kita maka pikiran kita mulai aktif mewujudkan. Manusia tidak pernah kekurangan KEKUATAN, tetapi kekurangan KEMAUAN,, karena dari kekuatan kita bisa berhasil. KEBERHASILAN adalah hasil dari keberanian, mimpi, dan kekuatan yang telah terwujud. Dunia itu indah saat kita melakukan hal baru dan menaklukan TANTANGAN. manusia yang sempurna adalah manusia yang bisa menerima KEKURANGANNYA dan kekurangan orang lain. KEGAGALAN adalah proses yang dilalui untuk mencapai keberhasilan yang lebih indah,, Banyak orang bilang kalau jatuh itu sakit dan butuh waktu yg lama untuk sembuh, tapi menurut saya.. JATUH itu adalah pelajaran untuk bisa bangkit. BERUSAHA adalah suatu perwujudan kerja keras yang kita lakukan untuk mencapai suatu tujuan yang kita inginkan. aku menyayangi dia lebih dri apapun.. sebab dia ada menjagaku selalu dan selamanya..  Jika engkau menaruh KEKHAWATIRANMU di tangan TUHAN, Dia akan menaruh kedamaian di hatimu ini adalah kutipan dari Mario Teguh. ketika orang yg kita sayangi pergi meninggalkan kita tanpa satu patah katapun, maka hanya satu yg bisa kita lakukan yaitu BERSABAR karena dengan bersabar kita bisa hidup dengan damai. KEBAHAGIAAN bukanlah apa yang kita terima, tetapi apa yang bisa kita berikan. Jika anda bisa membuat orang lain tertawa, maka anda akan mendapatkan semua CINTA yang anda inginkan kutipan dari Art Buchwald. Keindahan hari ini berawal dari rasa SYUKUR yg kita ungkapkan kepada Tuhan atas kesempatan baru untuk berbuat yg lebih baik.

jadi begitulah ceritanya :D hehehe proses untuk mendapatkan semuanya :) 

Pertanyaan diatas bisa kamu jawab sesuai jawaban kalian sendiri agar mas bro dan mba bro yang iseng baca bisa mengenal potensi diri kalian yang tumbuh dari motivasi.
sekian postingan dari saya nanti lanjut besok lagi.. tangan nich udah keriting -_____-"
SMK negeri 3 palu.. mantab.. ITB.. gerbang kesuksesan :)
#ThanksforITB




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MIMPI DAN HARAPAN

Assalamualiakum Wr.Wb.  Hari ini ngepost tentang mimpi – mimpi mengikuti prakerin dan mimpi setelah lulus di SMK Negeri 3 Palu nanti. Edgar Cayce seorang paranormal Amerika memiliki sebuah kata motivasi tentang mimpi yaitu: mimpi-mimpi adalah jawaban hari ini untuk pertanyaan hari esok. Dan Walt disney seorang pendiri Disney berkata sebuah mimpi akan menjadi nyata jika kita memiliki Keberanian Untuk Mengejarnya . Saya menyukai kata dari walt disney kita harus memiliki keberanian jika kita ingin mimpi itu menjadi sebuah kenyataan :)    Bandung, Kamis 28 Maret 2013 Hal yang paling indah dalam hidup ini adalah ketika mimpi kita menjadi sebuah kenyataan. untuk mewujudkan sebuah mimpi kita memerlukan bekal dalam diri kita, salah satunya keberanian , kemauan dan usaha. Ketika saya masuk SMK Negeri 3 Palu saya memilki mimpi untuk melaksanakan prakerin di luar kota dan sekarang mimpi itu sudah terwujud menjadi sebuah Kenyataan yang Indah, namun setiap manusia memiliki banyak

Tak ingin usai

hari ini aku bakalan cerita sedikit tentang bagaimana aku begitu mengaguminya sebagai sahabat hingga kadang aku nggak sadar aku telah menyakiti diriku sendiri untuk tetap mempertahankannya  6 tahun lalu aku bertemu dengannya yah sebut saja dia Mawar , aku sangat mengagumi Mawar... dimataku dia adalah sosok yang sempurna, dia bisa melakukan apapun.. apa sih yang tidak bisa dia lakukan sampai aku berpikir siapapun yang bersamanya nanti pasti bakalan beruntung. aku sama Mawar awalnya nggak begitu akrab hingga pada satu waktu keadaan yang membuat kita sering bersama... takdir ? mungkin iya.., intinya aku sangat beruntung bertemu dan mengenal dia 6 tahun yang lalu karena sebelumnya aku sosok yang lebih nyaman ngelakuin apapun sendiri dan nggak suka bergantung sama orang lain hingga saat kita hidup bersama, sering bersama ngelakuin segala aktifitas bareng dan akhirnya membuat kita saling bergantungan satu sama lain.. aku mengantungkan kebahagianku kepadanya... segalanya. dia paket komplit ya

Potensi Diri Saya

Hari ini mau post ilmu yang saya dapatkan di ITB sehingga saya bisa mengenal diri saya melalui orang lain dan diri  saya sendiri. hari ini di ITB aku mendapat bimbingan karakter tentang Potensi Diri yang membuat saya bisa menggali potensi yang ada pada diri saya, dan siapa saya di masa depan. Apa itu Potensi diri?? Menurut saya Potensi diri adalah kemampuan dari proses fisik dan prilaku. Pertanyaan untuk diri sendiri : Apa yang membuat saya bahagia ?  yang membuat saya bahagia adalah ketika saya melihat orang yang saya sayangi bahagia dan ketika saya mendapatkan prestasi Apa saja kelebihan dan kelemahan saya? kelebihan yang saya miliki menurut definisi saya dan sahabat-sahabat saya : saya memiliki ketegasan, pekerja keras, baik, suka menolong, memiliki kesetian, berani sebab dengan keberanian saya bisa melakukan segalanya, pandai berkomunikasi, pengertian, aktif melakukan organisasi sebab organisasilah yang mengasah kemampuan berbicara saya dan keberanian yang saya miliki.