Langsung ke konten utama

BIMBINGAN KARAKTER

Hari ini aku ngepost tentang semua tugas yang dipelajari di ITB yaitu pelajaran tentang bimbingan karakter yang bisa membuat saya lebih mengenal karakter yang ada di dalam diri saya dan juga disini saya bisa lebih belajar tentang diri saya sendiri :) #Life is a Choice

Bagaimana cara aku memotivasi diri ?
cara untuk memotivasi diri adalah dengan cara menentukan tujuan saya, kemudian berkomitmen sehingga dengan ini saya bisa memotivasi diri saya sendiri ditambah dengan dukungan dari orang-orang yang aku sayangi ditambah lagi dengan bersyukur akan hidup yang telah diberikan Allah SWT. 
Persentasi untuk aku memotivasi diri sendiri sebanyak 75%

Apakah aku bermanfaat bagi orang lain? 
Aku merasa belum bermanfaat bagi orang lain sebab aku merasa masih menyusahkan orang-orang disekelilingku terutama kedua orang tua. namun dilingkungan lain terkecuali dilingkungan keluarga aku merasa cukup bermanfaat bagi orang lain dalam hal-hal tertentu.
Persentasi untuk aku bermanfaat bagi orang lain yaitu 55%

Sudahkah aku menghormati dan menyayangi guru?
Aku merasa belum sepenuhnya menghormati guru sebab dalam waktu tertentu aku sering membuat kesalahan seperti tidak memperhatikan mereka saat menerangkan. aku menyayangi guru ketika guru itu memiliki cara mengajar yang bisa diterima oleh diri saya kemudian dia bisa seperti teman dalam batas-batas positif.
Persentasi untuk merasa belum menghormati dan menyayangi guru sekitar 35%
Persentasi untuk menyayangi serta menghormati guru ssekitar 65%

Nama yang diberikan oleh orang tua kita memiliki arti tersendiri.. dan didalam nama itu mengandung doa serta harapan orang tua.
sebelum saya masuk prakerin di ITB saya selalu mengeluh dengan nama yang diberikan orang tua saya.. saya selalu bilang kepada orang tua saya "kenapa papa kasih nama sy Endang sulistyaningsih apa nda ada nama lain??" *maklum teman2ku namanya keren-keren* :D hehe namun pada saat saya SMP kelas 3 alhamdulillah sy mulai bersyukur dengan nama itu *sudahinsyaf* :D.  waktu SD tapatnya kelas 5 rasa ingin tahu yang saya alami membuat saya bertanya kepada orang tua saya tentang arti nama yang diberikan, namun selalu saja orang tua saya dan saudara-saudara saya menanggapinya dengan candaan yang membuat saya tambah penasaran dengan nama saya. kakak saya selalu bilang namaku diambil dari nama istri seorang petapa namun sy percaya orang tua tidak mungkin memberikan nama kepada anaknya tanpa arti apapun. namun kemarin tepatnya tanggal 6 maret ada tugas yang diberikan oleh guru yang mengajar tentang karater  yang memberi tugas ttg arti nama. kali itu untuk pertama kalinya orang tua saya menjawab dengan serius apa arti dibalik sebuah nama saya :D *tumben* (Akhir sebuah Penantian) ,, dan akhirnya saya tau apa harapan yang orang tuaku inginkan untuk saya. dan saya sekarang semakin bersyukur akan nama itu
Arti nama yang diberikan orang tua ku adalah :
Endang yang berarti orang jawa yang memiliki hati putih suci dan suka menolong.
dan Sulistyaningsih yang memiliki arti baik selamanya.   
6 tahun saya memendam rasa ingin tahuku dengan kepuasan dari jawaban yg diberikan saudara2ku semenjak saya bertanya pada usia yang mulai beranjak remaja... dan pada akhirnya penantian itu terjawab dengan rasa puas dibalik nama yang diberikan itu menyimpan sebuah harapan orang tuaku semoga dengan ini saya bisa memiliki motivasi :) #ThankYouforITB

SIFAT-SIFAT yang saya miliki dan saya sadari selama ini :
  • Saya adalah pekerja keras yang memiliki ambisi yang besar, ketika apa yang saya inginkan tidak tercapai maka saya akan berusaha sampai bisa mendapatkannya. namun ketika saya tidak bisa mendapatkannya maka saya akan merasakan Pesimis. 
  • Saya memiliki sifat Petualang dimana sifat ini membuat saya suka dengan hal-hal yang baru. 
  • Saya memiliki sifat suka menolong teman yang membutuhkan dan sy memiliki sifat kasih sayang. 
  • Setia dalam hal pertemanan dan persahabat adalah sifat yang saya miliki, saya mudah memaafkan orang namun ketika ada kesalah pahaman yang membuat mereka menjauh maka saya akan menjauh dan saya berusaha untuk hilang dari penglihatan mereka. atau sebaliknya :)
  • Dalam pergaulan saya adalah orang yang netral bergaul dengan siapa saja dan sangat terbuka.
  • Dalam kehidupan dikeluarga saya adalah orang yang aktif namun Penyendiri dan tertutup saya memiliki kehidupan tersendiri pada saat bersama keluarga. 
  • Saya memiliki sifat berani karena dengan keberanian saya bisa melakukan semuanya. 

Perubahan yang terjadi selama dibandung :
1. saya merasa ibadah sy lebih bertambah
2. selalu ingat terhadap Allah SWT
3. sy bisa mengatur atau mengtrol diri sy tanpa orang tua
4. sy bisa bangun pagi lebih cepat dari sebelumnya

5. sy bisa mengkordinir diri sendiri dan teman2 yg bisa dikoordinir 



Pelajaran yang saya dapatkan yaitu :
hidup jauh dari orang tua membuat sy sadar bahwa saya harus melakukannya sendiri karena orang tua tidak selamanya ada untuk sy ssehingga mmbuat sy mandiri dengan motivasi yang sy bawa.

  
Tanggapan yang saya petik dari Vidio yang diputar : 
jujur untuk kesekian kalinya saya menangis, melihat vidio 3 saya seperti bercermin dibalik sebuah vidio dan membayangkan bagaimana kalau saya berada di posisinya memiliki kekurangan.. menonton vidio itu seakan memacu pikiran dan hati saya untuk terus berusaha mengapai apa yang saya inginkan MENGAPA ORANG YANG MEMILIKI KEKURANGAN BISA SEDANGKAN AKU YANG MEMILIKI KESEMPURNAAN BELUM MAMPU MELAKUKANNYA DAN SELALU MENGELUH *CerminanHati*

Vidio 1 & 2 : Hidup itu adalah Proses.. proses untuk tumbuh dan berevolusi. maka dari itu kita perlu mensyukuri hidup untuk dapat merasakan hidup-hidup selanjutnya.

Vidio 3 : Dengan kekurangannya ia memiliki kelebihan yang bahkan orang sempurna belum bisa melakukannya. dibalik sebuah kekurangannya ia memiliki kelebihan yang bahkan bisa membuat orangtuanya bangga dan bersyukur telah melahirkannya walaupun memiliki keterbatasan. ia berusaha untuk hidup sempurna dibalik sebuah keterbatasan.

Vidio 4 : Sebuah dukungan memiliki keajaiban yang luar biasa yang mungkin orang lain tidak menyadarinya. ketika kita memberi dukungan seseorang ada sebuah kekuatan yang membuat seluruh tubuhnya secara otomatis bergerak melampaui batas kemampuan yang dimiliki.  itulah Keajaiban sebuah support


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MIMPI DAN HARAPAN

Assalamualiakum Wr.Wb.  Hari ini ngepost tentang mimpi – mimpi mengikuti prakerin dan mimpi setelah lulus di SMK Negeri 3 Palu nanti. Edgar Cayce seorang paranormal Amerika memiliki sebuah kata motivasi tentang mimpi yaitu: mimpi-mimpi adalah jawaban hari ini untuk pertanyaan hari esok. Dan Walt disney seorang pendiri Disney berkata sebuah mimpi akan menjadi nyata jika kita memiliki Keberanian Untuk Mengejarnya . Saya menyukai kata dari walt disney kita harus memiliki keberanian jika kita ingin mimpi itu menjadi sebuah kenyataan :)    Bandung, Kamis 28 Maret 2013 Hal yang paling indah dalam hidup ini adalah ketika mimpi kita menjadi sebuah kenyataan. untuk mewujudkan sebuah mimpi kita memerlukan bekal dalam diri kita, salah satunya keberanian , kemauan dan usaha. Ketika saya masuk SMK Negeri 3 Palu saya memilki mimpi untuk melaksanakan prakerin di luar kota dan sekarang mimpi itu sudah terwujud menjadi sebuah Kenyataan yang Indah, namun setiap manusia memiliki banyak

Tak ingin usai

hari ini aku bakalan cerita sedikit tentang bagaimana aku begitu mengaguminya sebagai sahabat hingga kadang aku nggak sadar aku telah menyakiti diriku sendiri untuk tetap mempertahankannya  6 tahun lalu aku bertemu dengannya yah sebut saja dia Mawar , aku sangat mengagumi Mawar... dimataku dia adalah sosok yang sempurna, dia bisa melakukan apapun.. apa sih yang tidak bisa dia lakukan sampai aku berpikir siapapun yang bersamanya nanti pasti bakalan beruntung. aku sama Mawar awalnya nggak begitu akrab hingga pada satu waktu keadaan yang membuat kita sering bersama... takdir ? mungkin iya.., intinya aku sangat beruntung bertemu dan mengenal dia 6 tahun yang lalu karena sebelumnya aku sosok yang lebih nyaman ngelakuin apapun sendiri dan nggak suka bergantung sama orang lain hingga saat kita hidup bersama, sering bersama ngelakuin segala aktifitas bareng dan akhirnya membuat kita saling bergantungan satu sama lain.. aku mengantungkan kebahagianku kepadanya... segalanya. dia paket komplit ya

Potensi Diri Saya

Hari ini mau post ilmu yang saya dapatkan di ITB sehingga saya bisa mengenal diri saya melalui orang lain dan diri  saya sendiri. hari ini di ITB aku mendapat bimbingan karakter tentang Potensi Diri yang membuat saya bisa menggali potensi yang ada pada diri saya, dan siapa saya di masa depan. Apa itu Potensi diri?? Menurut saya Potensi diri adalah kemampuan dari proses fisik dan prilaku. Pertanyaan untuk diri sendiri : Apa yang membuat saya bahagia ?  yang membuat saya bahagia adalah ketika saya melihat orang yang saya sayangi bahagia dan ketika saya mendapatkan prestasi Apa saja kelebihan dan kelemahan saya? kelebihan yang saya miliki menurut definisi saya dan sahabat-sahabat saya : saya memiliki ketegasan, pekerja keras, baik, suka menolong, memiliki kesetian, berani sebab dengan keberanian saya bisa melakukan segalanya, pandai berkomunikasi, pengertian, aktif melakukan organisasi sebab organisasilah yang mengasah kemampuan berbicara saya dan keberanian yang saya miliki.