Langsung ke konten utama

Manajemen Waktu

Hy guys.. bapak-bapak... ibu-ibu... mas bro dan mba bro yang lagi nyasar diblog gue.. hari ini gue mau berbagi tentang menejemen waktu yang gue pelajari di Institut Teknologi Bandung (ITB) terima kasih untuk ITB dan Pak Faizal yang udah ngajari tentang Character Building.. tanpa ini... mungkin gue nggak akan pernah tau arti nama gue, kekurangan dan kelebihan yang gue punya, cara untuk memotivasi diri, dan mengetahui tentang potensi diri serta perubahan yang gue alami. dan tidak lupa pula hari ini tentang MANAJEMEN WAKTU.
menurut mba bro dan mas bro.. apa sih itu Manajemen Waktu?? Manajemen waktu adalah mengelolah waktu yang kita miliki.
banyak sekali orang yang belum bisa mengatur waktu mereka dalam sehari bahkan terkadang manusia melakukan kegiatan lebih 24 jam. banyak waktu yang telah terbuang... hufttt ngak kebayang dalam sehari itu kita sering melakukan kegiatan yang hanya membuang waktu kita -_____-" termaksud gue sering membuang waktu.. semoga setelah dapat materi ini gue mampu mengatur waktu gue...,,, Amiiinn...

oke guys ini dia 10 tips biar loe nggak membuang waktu loe dan loe jaga bisa memperoleh kendali dalam mengatur waktu :)
cekidot.... :
  1. Tentukan dulu tujuan-tujuan jangka panjang
  2. Pandanglah tujuan dengan kerangka perilaku 
  3. Tentukan sasaran pada skala waktu kritis 
  4. Buatlah agenda sebelum mulai bekerja
  5. Perhitungkan konsekuensi masing-masing tugas jika dikerjakan atau tidak dikerjakan 
  6. Hindarilah pekerjaan sampingan
  7. kumpulkan daftar perkerjaan yang tidak perlu dikerjakan 
  8. Buatlah daftar pekerjaan yang harus dikerjakan dimalam hari 
  9. Hargailah waktu
  10. Ingatlah bahwa mustahil untuk menyelesaikan semuanya :D 
 ini dia 5 hal cara mengatur waktu yang EFEKTIF... Cekidot!!
  1. Perkirakan waktu yang dibutuhkan 
  2. perhitungkan semua hal yang perlu diperhitungkan 
  3. antisipasi masalah 
  4. bekerjalah dengan ritme kerja yang alami 
  5. gunakan jadwal yang telah disusun -___-" yang no 5 nihh paling nyesek :D karena terkadang waktunya lebih dari waktu yang sudah disusun :( huffft *nyesek 

okeyyy guys nih waktu yang gue gunakan selama dibandung -____-" cekidotttt  *nyesek

  1. tiap hari gue menyempatkan beribadah selama 5 menit dalam 1 waktu jadi dalam sehari gue bisa ngabisin waktu gue untuk beribadah itu kurang lebih 25 menit dan dalam 5 hari pastinya gue menghabiskan waktu gue kurang lebih sih 2 jam. jadi persentase untuk ini sekitar 1,6 % alhamdulillah selama gue dibandung ibadah gue bertambah :) 
  2. pastinya yang paling penting itu selama dibandung yahh prakerinnya dan ilmunya :) tiap hari gue ITB paling lama sih ngabisin waktunya kurang lebih 4 jam jadi untuk 5 hari prakerin gue ngabisin waktu 20 jam di ITB :) jadi persentase untuk ini sekitar 16,6% 
  3. hmm... pastinya setelah pulang dari ITB,, pasti menerapkan apa yang udah dipelajari :) walaupun hanya 2 jam... bisa dibilang belajar di Rumah deh :D waktu yang gue habiskan sampai dengan hari jum'at itu sekitar 10 jam untuk belajar dirumah -____- lumayan lah dari pada gue ngak belajar :D hehehe jadi persentase untuk ini sekitar 8,3 %
  4. Kerjain tugas... pasti setelah diberi ilmu otomatis Tugas juga harus berjalan sesuai ilmu yang diterapkan :) dalam sehari paling sedikit gue menghabiskan waktu untuk ngerjain tugas itu 2 jam namun terkadang lebih dari itu -__-" karena tugas itu relatif ada yang sulit dan ada yang mudah tergantung kita sendiri sih.. dari hari senin sampai jum'at gue menghabiskan waktu itu kurang lebih 10 jam :) agak nyesek sih kalau dapat tugas yang sulit -___- *ngeluh tapi dari situ gue belajar menghadapi tantang seperti iklan rokok "BUKTIKAN MERAHMU" :D *lebay
  5. Selama dibandung gue ngak pernah ngelupain hobby gue yang suka dengan browsing dan ngeblog :D tapi kendala gue disini adalah jaringan yang kampseupay banget sehingga sering kali gue menghabiskan waktu untuk ini yang biasanya sampai 5 jam tapi sekarang udah berkurang menjadi 3 jam untuk online tapi kalau jaringan kagak bagus pasti gue baca :D tapi baca buku humoris gitu atau ttg motivasi :D gue habisin waktu gue untuk ini sekitar 15 jam dari hari senin ampe jum'at -____-" *lumanyun :D hehehe jadi persentase untuk ini sekitar 12,5%
  6. Bermain :D gue manusia biasa yang masih butuh hiburan bukan untuk kerja 24 jam,, sebenarnya sih untuk bermain itu membosankan tapi terkadang ada game-game tertentu yang gue suka mainin namun gue jarang mengahabiskan waktu gue untuk bermain. gue paling suka mainin Most Wanted tapi akhir-akhir ini permainan itu membosankan -_____- *nyesek paling lama sih gue untuk bermain game kurang lebih 2 jam. dalam waktu lima hari gue ngabisin waktu 10 jam jadi persentase untuk ini sekitar dalam 5 hari yaitu 8,3% hampir sama dengan belajar -_____-" karena tiap didepan laptop pasti gue melupakan segala hal *kampseupay!! 
  7. Kerja... pastinya gue dibandung kerja.... bersiin kamar dan kost sesuai dengan Jadwal tapi gue habisin waktu gue untuk ini sekitar 1 jam dari hari senin sampai jum'at. untuk lima hari gue ngabisin 5 jam jadi persentase untuk ini sekitar 4,1% 
  8. Makan... itu adalah kebutuhan paling penting..,, tanpa makan gue ngak bisa bertahan lebih dari 2 hari -____-" untuk makan gue menghabiskan waktu paling cepat 10 menit dan dalam lima hari gue membutuhkan waktu 2 jam jadi persentase untuk ini sekitar 1,6% 
  9. Mandi...,, untuk hari-hari biasa gue menghabiskan waktu selam 5 menit di WC karena ngantri -___-" itupun kalau mandinya sekitar jam 10 pagi *nyesek dalam 5 hari gue ngabisin waktu untuk mandi biar harum itu 1 jam :D jadi persentase untuk ini sekitar 0,8% dan dibandung gue paling sering mandi ketimbang waktu di Palu itu dikarenakan airnya yang SEJUK :D hehehe *lebay 
  10. Jalan-jalan..,,, ini pasti.... klo gue ngak jalan gue nggak mungkin bisa masuk kelas, beli makanan diwarung2 terdekat, atau beli kebutuhan gue :D gue membutuhkan 10 jam untuk lima hari jadi persentase untuk ini sekitar 8,3% :D kebanyakan jalannya kalau dibandung :D 
  11. Tidur adalah salah satu kebutuhan yang paling penting... tanpa istirahat banyak virus yang akan menunggumu setelah keluar dari rumah -____-" dalam sehari kurang lebih gue menghabiskan 7 jam untuk istirahat dengan pulas :D -____-" biasanya sihh lebih banyak kurang dari 7 jam :D  jadi untuk 5 hari gue butuh 35jam jadi persentase untuk ini sekitar 29,1% 
Huffftt itulah aktifitas yang gue lakuin selama di Bandung dari hari Senin s/d Jum'at yang melahkannya lagi gue harus menghitung persentasi diatas *curcol


ini dia aktifitas gue selama hari libur yaitu sabtu dan minggu :D untuk hari libur selama dibandung gue jarang untuk menghabiskan waktu diluar paling banyak sih dikamar baca buku atau nonton bahkan bisa aja gue ngerjain tugas :D tapi terkadang juga gue jalan-jalan.. kapan lagi sih jalan-jalan dibandung :D waktu itu ngak dirasa jadi gue sempetin deh jalan mumpung lagi libur. ini dia persentase dan kegiatan yang gue lakuin : cekidooot!!

  1. ibadah adalah hal yang paling jarang gue abaikan setiap kali ibadah gue membutuhkan waktu 5 menit itupun kalau do'anya pendek.. kalau do'anya pajang mungkin 10 menit :D hehehe mungkin tuhan capek nyatetnya kalau kelamaan jadi gue butuh 5 menit aja deh :D *LOL jadi persentase untuk ini sekitar 0,69% dalam 2 hari libur 
  2. kerja... ini pasti karena hari libur pastinya lebih banyak yang dikerjain -___-" gue ngabisin 5 jam untuk bekerja dalam 2 hari jadi persentase untuk ini sekitar 10,4%
  3. Mandi...,, ini adalah hal terpenting kalau kagak mandi nanti timbul aroma yang tidak diinginkan -____- :D hehehe kalau hari libur gue butuh waktu kurang lebih 10 menit di WC :D kan nggak ada yang antri jadi boleh lama deh :D untuk dua hari gue ngabisin waktu sejam :D jadi persentase untuk ini sekitar 2,08% 
  4. hari minggu pasti banyak waktu untuk jalan apalagi sekarang lagi di Bandung otomatis disini banyak yang menggoda -_____-" :D hehe biasanya kalau jalan sih kurang lebih 4 jam -__-"  berarti untuk dua hari 8 jam telah gue habiskan :D jadi persentase untuk ini sekitar 16,6%
  5. di Bandung gue ngak lupa dengan hobby gue yang suka baca dan online tapi ada satu hobby yang tidak bisa tersalurkan disini yaitu main Futsal -____-" untuk hobby gue menghabiskan waktu kurang lebih 8 jam jadi persentase untuk ini sekitar 16,6% 
  6. makan gue ngabisin waktu selama 20 menit jadi persentase untuk ini sekitar 0,27% 
  7. sisa waktu dari semua itu gue gunakan untuk nyatai untuk nyantai gue menggunakan waktu selama 10 jam lewat 50 menit atau kurang lebih lah bgtu jadi persentase untuk ini sekitar 21,8% 
  8. Tidur adalah salah satu kebutuhan yang paling penting... untuk hari libur kayaknya sama aja dengan hari biasanya 7 jam -___-" berarti gue butuh 14 jam untuk hari libur :) jadi persentase untuk ini sekitar 29%
hanya itu saja kegiatan yang sering saya lakukan :) kurang dan lebihnya mohon dimaafkan, terdapat kata2 yang terlalu alayy -_____-" dan juga curhat colongan mohon dimaafkan -____-"

#thanksForITB
SMK Negeri 3 Palu..... Mantabb,,,, ITB.... Gerbang Kesuksesan :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak ingin usai

hari ini aku bakalan cerita sedikit tentang bagaimana aku begitu mengaguminya sebagai sahabat hingga kadang aku nggak sadar aku telah menyakiti diriku sendiri untuk tetap mempertahankannya  6 tahun lalu aku bertemu dengannya yah sebut saja dia Mawar , aku sangat mengagumi Mawar... dimataku dia adalah sosok yang sempurna, dia bisa melakukan apapun.. apa sih yang tidak bisa dia lakukan sampai aku berpikir siapapun yang bersamanya nanti pasti bakalan beruntung. aku sama Mawar awalnya nggak begitu akrab hingga pada satu waktu keadaan yang membuat kita sering bersama... takdir ? mungkin iya.., intinya aku sangat beruntung bertemu dan mengenal dia 6 tahun yang lalu karena sebelumnya aku sosok yang lebih nyaman ngelakuin apapun sendiri dan nggak suka bergantung sama orang lain hingga saat kita hidup bersama, sering bersama ngelakuin segala aktifitas bareng dan akhirnya membuat kita saling bergantungan satu sama lain.. aku mengantungkan kebahagianku kepadanya... segalanya. dia paket komplit ya

MIMPI DAN HARAPAN

Assalamualiakum Wr.Wb.  Hari ini ngepost tentang mimpi – mimpi mengikuti prakerin dan mimpi setelah lulus di SMK Negeri 3 Palu nanti. Edgar Cayce seorang paranormal Amerika memiliki sebuah kata motivasi tentang mimpi yaitu: mimpi-mimpi adalah jawaban hari ini untuk pertanyaan hari esok. Dan Walt disney seorang pendiri Disney berkata sebuah mimpi akan menjadi nyata jika kita memiliki Keberanian Untuk Mengejarnya . Saya menyukai kata dari walt disney kita harus memiliki keberanian jika kita ingin mimpi itu menjadi sebuah kenyataan :)    Bandung, Kamis 28 Maret 2013 Hal yang paling indah dalam hidup ini adalah ketika mimpi kita menjadi sebuah kenyataan. untuk mewujudkan sebuah mimpi kita memerlukan bekal dalam diri kita, salah satunya keberanian , kemauan dan usaha. Ketika saya masuk SMK Negeri 3 Palu saya memilki mimpi untuk melaksanakan prakerin di luar kota dan sekarang mimpi itu sudah terwujud menjadi sebuah Kenyataan yang Indah, namun setiap manusia memiliki banyak

Potensi Diri Saya

Hari ini mau post ilmu yang saya dapatkan di ITB sehingga saya bisa mengenal diri saya melalui orang lain dan diri  saya sendiri. hari ini di ITB aku mendapat bimbingan karakter tentang Potensi Diri yang membuat saya bisa menggali potensi yang ada pada diri saya, dan siapa saya di masa depan. Apa itu Potensi diri?? Menurut saya Potensi diri adalah kemampuan dari proses fisik dan prilaku. Pertanyaan untuk diri sendiri : Apa yang membuat saya bahagia ?  yang membuat saya bahagia adalah ketika saya melihat orang yang saya sayangi bahagia dan ketika saya mendapatkan prestasi Apa saja kelebihan dan kelemahan saya? kelebihan yang saya miliki menurut definisi saya dan sahabat-sahabat saya : saya memiliki ketegasan, pekerja keras, baik, suka menolong, memiliki kesetian, berani sebab dengan keberanian saya bisa melakukan segalanya, pandai berkomunikasi, pengertian, aktif melakukan organisasi sebab organisasilah yang mengasah kemampuan berbicara saya dan keberanian yang saya miliki.