Langsung ke konten utama

MOTIVAS DALAM PRAKERIN



Assalamualaikum War. Wab :

Hari ini ingin ngepost tentang motivasi dalam prakerin di tahun 2013
Motivasi yang saya miliki dalam prakerin ditahun 2013 adalah :
Semenjak saya masuk SMK Negeri 3 PALU  saya dahulunya sudah menargertkan diri saya untuk ke melaksanakan Prakerin di Luar Kota. Pada saat saya semester  tiga saya mempertimbangkannya serta mencari tahu. Sebelumnya saya juga bertanya - tanya dengan Kakak – kakak senior yang tahun lalu yang  pernah melaksanakan prakerin di ITB Bandung. Mereka  banyak memberikan saran untuk saya dan saya bertanya- tanya apa saja yang dipelajari di ITB?? Kebanyakan dari mereka menjawab yang dipelajari di ITB kebanyakan adalah Aplikasi ,, kemudian saya menanyakan lagi “kak apa saja aplikasi yang diperlajari?” dari salah satu kakak senior saya memperjelas pelajarannya yang mereka dapatkan. Salah satu yang membuat saya begitu tertarik adalah ANDROID . dizaman yang modern ini saya mempertimbangkan begitu banyak hal namun salah satu yang membuat saya bertahan untuk tetap melaksanakan prakerin dibandung yaitu tentang Aplikasi Android. Ini adalah salah satu motivasi saya dalam melaksanakan prakerin di ITB BANDUNG dalam hal pelajaran. Dalam hal untuk mencapai tujuan saya prakerin di Bandung dibidang ini, saya masih belum melakukan semua upaya – upaya untuk mencapainya. Upaya yang sudah saya lakukan yaitu saya mengikuti dengan baik tahap-tahap pelajaran yang diajarkan oleh Kakak-kakak dan guru pembimbing untuk sampai ketujuan saya,, namun saya merasa hal yang saya lakukan ini belum maksimal sebab disetiap materi yang diajarkan saya masih malu dan takut  untuk menanyakan tentang materi tersebut yang belum saya mengerti , oleh sebab itu banyak hal yang ingin saya cari tahu namun itu penghalang yang saya alami .

Mencari hal baru yang belum pernah saya alami adalah salah satu Motivasi saya, banyak hal baru yang saya alami selama saya dibandung yang sebelumnya belum pernah saya alami. Upaya saya untuk mencari hal baru iyalah saya jauh dari orang – orang yang saya sayangi demi untuk ke Bandung dengan tujuan mencari ilmu yang lebih. Saya adalah orang yang sangat suka dengan pertualangan selama ini saya hanya bertualang di dalam kota saya dan itu tidak berlangsung lama paling lama saya melakukannya adalah 7 hari namun kali ini saya melakukannya dengan waktu empat bulan dan waktu itu sangat lama bagi saya, namun selama saya dibandung saya tidak merasakan waktu.. itu yang lumayan sangat lama bagi saya. Selama saya berpetualang mencari hal baru saya selalu ditemani oleh kakak tercinta saya namun kali ini dia tidak ada disini bersama dengan saya. Salah satu motivasi saya pun kebandung adalah berpetualang dimana saya sebelumnya belum pernah merasakan berpetualang bersama dengan teman-teman saya. Banyak perbedaan yang saya dapatkan di bandung, mulai dari cara berbicara, transportasi, pusat perbelanjaan dll. Selama saya dibandung dan pertama kalinya saya masuk ke ITB saya langsung terpukau dengan Kampus ini, saya tiba-tiba seakan termotivasi oleh kampus ini  dan bahkan saya punya impian untuk masuk ke ITB yang sebenarnya dengan jerih payah saya sendiri. Tapi ketika masuk di ITB saya bersyukur dikasih kesempatan untuk merasakan Atmosfer kampus yang sangat terkenal di BANDUNG bahkan di luar kota. Dan ini membuat saya betah di bandung.

Pertama saya mengikuti mata pelajaran di Institut Teknologi Bandung saya tertarik dengan proyek yang diberikan yaitu Membuat mobil listrik, seketika saya langsung termotivasi dengan ini. Begitu memukaunya bandung apalagi pada saat saya pertama kali melihat Institut teknologi bandung. Seakan saya meyakinkan diri saya bahwa ini bukan sebuah mimpi, bahwa saya betul dan nyata berada di BANDUNG. Apalagi ketika mendengarkan apa yang akan kita pelajari di sini.  Perubahan adalah hal yang paling saya inginkan ini tujuan terbesar saya setelah mempelajari tentang Android. Disini begitu banyak pelajaran yang saya dapatkan terutama pelajaran yang sebelumnya belum pernah saya pelajar apalagi pelajaran tentang Bimbingan Karakter. Hal ini membantu saya untuk melakukan sebuah perubahan, saya ingin mencoba berubah menjadi baik dari sebelumnya sebab sebelum saya ke Bandung banyak hal yang saya lakukan yang membuat orang tua saya kecewa namun ketika saya dibandung saya merasa kehilangan kasih sayang orang tua saya dan saya bahkan berfikir apakah ini rasanya bila kita jauh dari orang tua kita dalam waktu yang lama. Selama ini banyak kesalahan yang saya renungkan ketika saya di bandung. Oleh sebab itu Saya bersyukur bisa menerima pelajaran bimbingan karakter yang sebelumnya belum pernah sama sekali dipelajari. Dan dari sini saya bisa belajar dari kesalahan yang pernah saya lakukan. Tanpa adanya bimbingan ini mungkin saya tidak akan pernah tahu mengapa orang tua saya memberikan nama ini kepada saya, apa kelebihan saya, kekurangan saya dimata orang terdekat, apa yang saya inginkan, bagaimana saya bisa memotivasi diri saya dan bagaimana cara untuk menjadi orang baik. Dalam hal ini saya mampu mengenal diri saya walaupun tidak secara keseluruhan.

Motivasi terakhir saya yaitu mendapatkan ilmu dari ITB bukan hanya tentang android tapi secara keseluruhan yang bisa menjadi modal saya untuk kedepannya dan saya berusaha untuk mengikuti semuanya. Upaya-upaya secara keseluruhan yang sudah saya lakukan antara lain :
Saya jauh dari orang-orang yang saya sayangi demi masa  depan saya, saya berani melakukan perubahan Dan saya sadar akan upaya-upaya saya lainnya namun bahkan banyak upaya-upaya lain yang harus saya lakukan namun belum saya lakukan. Saya hanya membuang waktu saya dan masih malu untuk bertanya bahkan tanpa sadar saya telah menyusahkan orang tua saya. Dan bahkan saya belum maksimal mengikuti semua materi yang diberikan. 

maaf jika ada kekurangan dalam penulisan kata sebab saya hanya manusia biasa yang tidak mampu mengolah kata dengan baik :)

#ThanksFORInstitutTeknologiBandung 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MIMPI DAN HARAPAN

Assalamualiakum Wr.Wb.  Hari ini ngepost tentang mimpi – mimpi mengikuti prakerin dan mimpi setelah lulus di SMK Negeri 3 Palu nanti. Edgar Cayce seorang paranormal Amerika memiliki sebuah kata motivasi tentang mimpi yaitu: mimpi-mimpi adalah jawaban hari ini untuk pertanyaan hari esok. Dan Walt disney seorang pendiri Disney berkata sebuah mimpi akan menjadi nyata jika kita memiliki Keberanian Untuk Mengejarnya . Saya menyukai kata dari walt disney kita harus memiliki keberanian jika kita ingin mimpi itu menjadi sebuah kenyataan :)    Bandung, Kamis 28 Maret 2013 Hal yang paling indah dalam hidup ini adalah ketika mimpi kita menjadi sebuah kenyataan. untuk mewujudkan sebuah mimpi kita memerlukan bekal dalam diri kita, salah satunya keberanian , kemauan dan usaha. Ketika saya masuk SMK Negeri 3 Palu saya memilki mimpi untuk melaksanakan prakerin di luar kota dan sekarang mimpi itu sudah terwujud menjadi sebuah Kenyataan yang Indah, namun setiap manusia memiliki banyak

Tak ingin usai

hari ini aku bakalan cerita sedikit tentang bagaimana aku begitu mengaguminya sebagai sahabat hingga kadang aku nggak sadar aku telah menyakiti diriku sendiri untuk tetap mempertahankannya  6 tahun lalu aku bertemu dengannya yah sebut saja dia Mawar , aku sangat mengagumi Mawar... dimataku dia adalah sosok yang sempurna, dia bisa melakukan apapun.. apa sih yang tidak bisa dia lakukan sampai aku berpikir siapapun yang bersamanya nanti pasti bakalan beruntung. aku sama Mawar awalnya nggak begitu akrab hingga pada satu waktu keadaan yang membuat kita sering bersama... takdir ? mungkin iya.., intinya aku sangat beruntung bertemu dan mengenal dia 6 tahun yang lalu karena sebelumnya aku sosok yang lebih nyaman ngelakuin apapun sendiri dan nggak suka bergantung sama orang lain hingga saat kita hidup bersama, sering bersama ngelakuin segala aktifitas bareng dan akhirnya membuat kita saling bergantungan satu sama lain.. aku mengantungkan kebahagianku kepadanya... segalanya. dia paket komplit ya

Potensi Diri Saya

Hari ini mau post ilmu yang saya dapatkan di ITB sehingga saya bisa mengenal diri saya melalui orang lain dan diri  saya sendiri. hari ini di ITB aku mendapat bimbingan karakter tentang Potensi Diri yang membuat saya bisa menggali potensi yang ada pada diri saya, dan siapa saya di masa depan. Apa itu Potensi diri?? Menurut saya Potensi diri adalah kemampuan dari proses fisik dan prilaku. Pertanyaan untuk diri sendiri : Apa yang membuat saya bahagia ?  yang membuat saya bahagia adalah ketika saya melihat orang yang saya sayangi bahagia dan ketika saya mendapatkan prestasi Apa saja kelebihan dan kelemahan saya? kelebihan yang saya miliki menurut definisi saya dan sahabat-sahabat saya : saya memiliki ketegasan, pekerja keras, baik, suka menolong, memiliki kesetian, berani sebab dengan keberanian saya bisa melakukan segalanya, pandai berkomunikasi, pengertian, aktif melakukan organisasi sebab organisasilah yang mengasah kemampuan berbicara saya dan keberanian yang saya miliki.