Langsung ke konten utama

Step by Step Pembuatan Lampu HIAS

Hy Guys.. Mas bro dan mba bro kali ini aku mau berbagi dan ngeposting tentang cara pembuatan lampu hias atau paling tidak lampu tidur :) sebelumnya kami memutuskan untuk membuat Robot namun karena kardus yang tebal serta pembuatannya cukup ribet saat kita gunakan dikertas, sehingga kami beralih ide menjadi lampu hias/lampu tidur/lampion :D terserah dehh apa namanya pokoknya nggak jauh2 dari situ deh :D
cara pembuatannya cukup mudah tapi bagian tersulitnya adalah saat pengukuran sebab kami menggunakan segi enam jadi mungkin Ribet -___-" tapi tenang sebagai orang yang suka berbagi saya akan membaginya walaupun itu ribet :D tapi bahannya cukup mudah Kok :)

Bahan  yang digunakan :
1. Gunting
2. Kater
3. Lem FOX
4. Kardus Tebal
5. Lampu Pijar
6. Kabel penyambung
7. Flachstecker
8. Fitting Duduk
9. Mistar
10. Cat Warna
11. Kertas Jilid
12. Kertas Karton 
13. Pensil

Cara Pembuatan :
  1. Proses Pengukuran Berapa panjang dan lebar yang dibutuhkan untuk membuat sebuah lampu tidur. yang kami buat untuk Tingginya 20 Cm dan Lebarnya 8 Cm. dan membuat Pola dengan gambar menggunakan Pensil di atas Kardus Tebal.

  2. Setelah proses pengukuran, kemuadian polanya yang telah dibuat serta di ukur, langsung di Potong.

  3. Setelah itu bentuk lagi Pola Bintang Ataupun Pola yang di inginkan di bagian yang telah terpotong tadi. sesuai keinginan. tetapi dalam pembuatan lampu ini kami menggunakan Pola bintang yang disetiap kardus yang di potong kami menggunakan 1 Pola gambar. Setelah mengambar pola, kemudian potong lagi Pola yg sudah dibuat.

  4. Setelah dipotong sesuai pola yang diinginkan, saatnya untuk menyambungakan 6 bagian yang terpisah tadi menjadi satu dengan Lem Fox kuning atau Lem Pipa menggunakan Kertas karton yang telah digunting.



  5. Setelah Bagian Atas jadi maka yang kita perlukan adalah Dudukan untuk bagian atas, dibagian ini cukup sulit karena pola yang kami gunakan tidak sama ukurannya mungkin karena pengukuran yang salah. ini adalah konsep yang kita gunakan.

  6. sebelum pembuatan Pola maka kita memerlukan untuk menghitung pola bagian bawah dengan mengukur bagain atas agar ukuran sesuai. untuk bagian bawah kami menggunakan tinggi 5Cm dan lebar disesuaikan dengan Pola bagian atas.

  7. inilah proses yang paling sulit yaitu menyeimbangi antara bagian atas dan bawah. inilah pola yang kami dapatkan setelah menciplak pola atas kemudian ditambahkan 5cm.


  8. Kemudian setelah itu potong polanya jadi 2 bagian yaitu atas dan bawah. 
  9. Lalu setelah selesai pemotongan lakukan pengecetan dibagian luar atau dalam kardus keringkan selama 1 jam jika sudah benar-benar kering.
  10. lakukan Penyambungan lagi pada bagian bawah, tapi sebelumnya gulung kertas mulai dari ujung lalu potong sesuai bagian untuk menguatkan bagian atas yang ditempel agar tidak jadi. tapi kali ini gunakan lam Fox kuning untuk merekatkannya.
  11. Setelah itu buat Bagian lampunya yaitu kabel disambungkan dengan Flachstecker  dan bagian bawah fitting.
  12. jika sudah jadi dan tertempel semua maka hal utama lainnya baut fitting duduk tersebut dibagian atas dudukan lobangi kardus dan duduk dengan kuat.


  13. setelah semua jadi maka hal yang lain yaitu sambungkan bagian atas dan dudukan untuk membuat menjadi satu kemudian nyalan lampu serta matikan lampu utama didalam ruangan. tapi sebelumnya tempel bagian yang dilubangi dari dalam bagian atas dengan kertas jilid agar memancarkan warna sesuai yang diinginkan.  

  14. hasil yang didapatkan setelah menyambungkannya

  15. dan ini hasil yang sesungguhnya :

  16. dan ini lah kami : para pembuat

Kelompok 1 : 
Ketua : Endang Sulistyaningsih (Seksi Konsumsi, pengambil keputusan, pengkordinir, penanggung jawab)
Anggota :
- Arif.K : (Desain)
- Wigra : (Perhitungan dan Ide)
- Govin : (Penyedia Perlengkapan)
- Rheza : (Coloring)

inilah hasil kami,, maaf jika ada kekurangan dalam hasil karya ini :)
#thanks for itb





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MIMPI DAN HARAPAN

Assalamualiakum Wr.Wb.  Hari ini ngepost tentang mimpi – mimpi mengikuti prakerin dan mimpi setelah lulus di SMK Negeri 3 Palu nanti. Edgar Cayce seorang paranormal Amerika memiliki sebuah kata motivasi tentang mimpi yaitu: mimpi-mimpi adalah jawaban hari ini untuk pertanyaan hari esok. Dan Walt disney seorang pendiri Disney berkata sebuah mimpi akan menjadi nyata jika kita memiliki Keberanian Untuk Mengejarnya . Saya menyukai kata dari walt disney kita harus memiliki keberanian jika kita ingin mimpi itu menjadi sebuah kenyataan :)    Bandung, Kamis 28 Maret 2013 Hal yang paling indah dalam hidup ini adalah ketika mimpi kita menjadi sebuah kenyataan. untuk mewujudkan sebuah mimpi kita memerlukan bekal dalam diri kita, salah satunya keberanian , kemauan dan usaha. Ketika saya masuk SMK Negeri 3 Palu saya memilki mimpi untuk melaksanakan prakerin di luar kota dan sekarang mimpi itu sudah terwujud menjadi sebuah Kenyataan yang Indah, namun setiap manusia memiliki banyak

Tak ingin usai

hari ini aku bakalan cerita sedikit tentang bagaimana aku begitu mengaguminya sebagai sahabat hingga kadang aku nggak sadar aku telah menyakiti diriku sendiri untuk tetap mempertahankannya  6 tahun lalu aku bertemu dengannya yah sebut saja dia Mawar , aku sangat mengagumi Mawar... dimataku dia adalah sosok yang sempurna, dia bisa melakukan apapun.. apa sih yang tidak bisa dia lakukan sampai aku berpikir siapapun yang bersamanya nanti pasti bakalan beruntung. aku sama Mawar awalnya nggak begitu akrab hingga pada satu waktu keadaan yang membuat kita sering bersama... takdir ? mungkin iya.., intinya aku sangat beruntung bertemu dan mengenal dia 6 tahun yang lalu karena sebelumnya aku sosok yang lebih nyaman ngelakuin apapun sendiri dan nggak suka bergantung sama orang lain hingga saat kita hidup bersama, sering bersama ngelakuin segala aktifitas bareng dan akhirnya membuat kita saling bergantungan satu sama lain.. aku mengantungkan kebahagianku kepadanya... segalanya. dia paket komplit ya

Potensi Diri Saya

Hari ini mau post ilmu yang saya dapatkan di ITB sehingga saya bisa mengenal diri saya melalui orang lain dan diri  saya sendiri. hari ini di ITB aku mendapat bimbingan karakter tentang Potensi Diri yang membuat saya bisa menggali potensi yang ada pada diri saya, dan siapa saya di masa depan. Apa itu Potensi diri?? Menurut saya Potensi diri adalah kemampuan dari proses fisik dan prilaku. Pertanyaan untuk diri sendiri : Apa yang membuat saya bahagia ?  yang membuat saya bahagia adalah ketika saya melihat orang yang saya sayangi bahagia dan ketika saya mendapatkan prestasi Apa saja kelebihan dan kelemahan saya? kelebihan yang saya miliki menurut definisi saya dan sahabat-sahabat saya : saya memiliki ketegasan, pekerja keras, baik, suka menolong, memiliki kesetian, berani sebab dengan keberanian saya bisa melakukan segalanya, pandai berkomunikasi, pengertian, aktif melakukan organisasi sebab organisasilah yang mengasah kemampuan berbicara saya dan keberanian yang saya miliki.